fbpx
AD/Kanker Payudara Kanker Payudara Kanker Wanita Kesehatan Wanita Kondisi Medis Skrining

Pemeriksaan Mammogram – 5 Alasan untuk Melakukannya

Mammogram screening in Singapore

Apa Itu Mammogram?

Mammogram adalah gambar sinar-X dari payudara. Tujuan utama melakukan mammogram adalah untuk mencari tanda-tanda awal kanker payudara. Kanker payudara di Indonesia adalah jenis kanker terbanyak dan penyebab kematian kanker tertinggi, dengan 68.858 kasus baru (16,6%) pada 2020 menurut Globocan. Pedoman skrining kanker payudara nasional Singapura merekomendasikan agar wanita yang berusia antara 40 hingga 49 tahun (yang tidak memiliki gejala) melakukan mammogram sekali setahun, dan wanita yang berusia di atas 50 tahun (yang tidak memiliki gejala) melakukan mammogram setiap dua tahun. Sebagai bagian dari peringatan bulan kesadaran kanker payudara, kita akan membahas mengapa Anda harus melakukan mammogram. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan persentase wanita yang melakukan skrining mammogram.

Pemeriksaan Mammogram – 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukannya

1. Deteksi dini dapat membantu menyelamatkan hidup kamu.

Pemeriksaan mammogram dapat membantu deteksi dini kanker payudara. Tingkat kelangsungan hidup untuk kanker payudara mendekati 100% ketika ditemukan dini dan dalam fase terkendali. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker payudara menurun menjadi sekitar 25% jika sudah mencapai stadium lanjut dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

2. Kamu tidak dapat mendeteksi sendiri.

Mammogram dapat mendeteksi tumor payudara jauh lebih awal daripada kamu atau doktermu merasakan adanya benjolan pada payudara. Meskipun pemeriksaan payudara secara mandiri tetap penting, kamu mungkin tidak akan menyadari adanya perubahan hingga terbentuk benjolan yang signifikan. Ketika itu terjadi, kanker payudara mungkin sudah lebih lanjut dan menjadi lebih sulit untuk diobati.

3. Deteksi dini dapat mencegah kebutuhan mastektomi.

Diagnosis dini kanker payudara dapat mencegah kebutuhan untuk mastektomi (operasi pengangkatan payudara). Sebagai alternatif, operasi yang dikenal sebagai lumpektomi dapat dilakukan untuk mengangkat tumor kanker yang ganas sambil membiarkan jaringan sehat di sekitarnya tidak tersentuh.

4. Tidak butuh waktu lama

Rata-rata, mammogram hanya membutuhkan waktu 20-30 menit, dan ada banyak tempat di Singapura yang menawarkan layanan mammografi. Jadi, gaya hidup yang sibuk bukanlah alasan untuk tidak melakukan pemeriksaan mammogram.

5. Terdapat risiko paparan radiasi yang rendah selama mammografi

Ada anggapan keliru bahwa mammogram sebaiknya dihindari karena radiasi dari mammografi dapat merusak tubuh. Faktanya, tingkat paparan radiasi sangat rendah dan risiko dari radiasi tersebut juga sangat rendah. Di sisi lain, mammogram memiliki manfaat besar dalam mendeteksi dini kanker payudara.

Mempersiapkan Diri untuk Skrining Mammogram

Disarankan untuk melakukan mammogram setidaknya satu minggu setelah masa menstruasi. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan selama prosedur karena payudara dapat terasa sensitif selama menstruasi.

Saat pergi untuk pemeriksaan, hindari menggunakan deodoran, parfum, bedak atau salep di area ketiak atau di payudara karena hal tersebut dapat memengaruhi hasil sinar-X.

Kenakanlah pakaian dua potong yang nyaman karena pada pemeriksaan nanti kamu akan diminta untuk melepaskan pakaian bagian atas.

What Happens During A Mammogram?

Pada saat mammogram, kamu akan diminta untuk berdiri di depan mesin sinar-X khusus. Pertama, seorang radiografer akan membantu memposisikan payudara di antara 2 lempengan transparan. Payudara akan dipadatkan dengan lembut. Selanjutnya, 2 gambar sinar-X dari setiap payudara dari sudut yang berbeda akan diambil. Diperlukan pemadatan payudara untuk mengurangi ketebalan jaringan payudara dan meningkatkan kualitas sinar-X yang diambil. Beberapa detik ketidaknyamanan mungkin akan dirasakan selama pemadatan.

[Diperbarui 25 Oct 22]

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.