fbpx
Biaya Medis Kebugaran & Pencegahan Layanan Cek Kesehatan Radiologi & Pencitraan

Biaya PET Scan di Indonesia, Singapura, dan Thailand

biaya pet scan

Biaya PET Scan di Indonesia cukup bervariasi, bergantung kepada ketentuan masing-masing rumah sakit yang menawarkan jasa ini. Misalnya, apa saja pemeriksaan yang didapatkan dalam keseluruhan prosedur ini dan area tubuh mana saja yang diperiksa.

PET Scan atau Positron Emission Tomography adalah teknik pencitraan medis yang digunakan untuk mengamati fungsi biologis di dalam tubuh. 

Prosedur PET Scan dilakukan menggunakan zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam aliran darah melalui pembuluh vena di lengan. Zat ini akan beredar di seluruh tubuh dan menumpuk di area dengan aktivitas seluler yang tinggi, seperti tumor atau jaringan yang terinfeksi.

Selanjutnya, mesin PET Scan akan memindai tubuh untuk mendeteksi sinar gamma yang dipancarkan oleh zat radioaktif tersebut sehingga dokter bisa mendapatkan gambaran tiga dimensi dari area yang sedang diperiksa.

Hal ini akan membantu dalam upaya diagnosis dan pemantauan berbagai kondisi medis, termasuk penyakit kanker, gangguan otak, dan sebagian penyakit kardiovaskular.

Prosedur ini biasanya dilakukan bersamaan dengan CT scan atau MRI untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendetail, baik secara anatomi maupun fungsional.

Berapa biaya PET Scan di Indonesia?

Biaya PET Scan di Indonesia berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp35.000.000 tergantung kepada apa saja paket pemeriksaan yang diberikan kepada pasien dan anggota tubuh mana yang diperiksa.

Berikut ini beberapa rumah sakit yang menawarkan layanan pemeriksaan dengan PET Scan di Jakarta.

Rumah SakitBiaya PET Scan
MRCCC Siloam Hospitals JakartaDimulai dari Rp14.500.000
RS Gading Pluit JakartaDimulai dari Rp10.900.000
RS Dharmais JakartaDimulai dari Rp10.000.000

Biaya PET Scan di RS Dharmais

Terutama soal biaya di RS Dharmais, kisarannya akan bergantung kepada area yang diperiksa. PET Scan bisa dilakukan pada area otak, perut, dan seluruh tubuh. 

Berikut ini kisaran biaya PET Scan di RS Dharmais berdasarkan area yang diperiksa.

  • PET Scan otak : Rp10.000.000 – Rp15.000.000
  • PET Scan perut : Rp15.000.000 – Rp25.000.000
  • PET Scan seluruh tubuh : Dimulai dari Rp35.000.000

Biaya PET Scan di Singapura

Kisaran biaya PET Scan di rumah sakit swasta Singapura bisa dimulai dari S$200 hingga S$2.200 atau sekitar Rp2.400.000 hingga Rp26.400.000. 

Kisaran ini umumnya bergantung kepada cakupan area yang diperiksa. Misalnya untuk biaya pemeriksaan PET Scan seluruh tubuh, biaya yang dikenakan bisa lebih tinggi lagi.

Dapatkan rekomendasi layanan pemeriksaan kanker dari klinik dan rumah sakit terbaik di Singapura, rekomendasi dari Health365.

Paket skrining kanker dengan PET Scan di Thailand

Jika kamu sedang mencari-cari referensi layanan skrining kanker lengkap, Health365 sudah menjalin rekanan dengan Bangkok Hospital di Thailand dalam menawarkan paket PET Scan dengan biaya hemat.

Terdapat dua jenis paket skrining kanker yang bisa dipilih, yaitu Men’s Cancer Screening Package untuk pria dan Women’s Cancer Screening Package untuk wanita.

Men’s Cancer Screening Package

Biaya untuk Men’s Cancer Screening Package adalah ฿64.900 atau Rp28.100.000. Dengan paket ini, kamu sudah mendapatkan beberapa layanan ini.

  • Pemeriksaan gastroskopi dan kolonoskopi
  • Diagnosis awal dengan PET Scan dipadukan CT Scan.
  • Biaya dokter
  • Buku laporan
  • Skrining risiko kanker
  • Tes laboratorium, termasuk tes darah, tes PSA, dan lainnya.

Women’s Cancer Screening Package

Biaya untuk Women’s Cancer Screening Package adalah ฿74.800 atau Rp32.400.000. Paket ini sudah termasuk:

  • Pemeriksaan gastroskopi dan kolonoskopi
  • Diagnosis awal dengan PET Scan dipadukan CT Scan.
  • Biaya dokter
  • Buku laporan
  • Skrining risiko kanker
  • Mammografi digital menggunakan ultrasound.
  • Tes laboratorium, termasuk tes darah, tes HPV, dan lainnya.

Jika kamu ingin menjalani pemeriksaan PET Scan untuk tujuan skrining kanker atau diagnosis penyakit, konsultasikan hanya kepada dokter spesialis berlisensi di rumah sakit atau klinik yang terakreditasi.

Kamu bisa konsultasikan di Health365 untuk mendapatkan penjelasan dan rekomendasi yang lebih lengkap melalui tombol berikut ini.

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.