fbpx
Dr Chua Ad banner 970x250

Health Screening

Pelajari lebih jauh tentang skrining kesehatan - pengertian, manfaat, dan metode yang direkomendasikan.

Contents

Apa Itu Skrining Kesehatan?

Skrining kesehatan adalah tes atau pemeriksaan medis yang membantu mendeteksi masalah kesehatan potensial atau faktor risiko pada individu yang dianggap sehat atau tidak memiliki gejala apa pun. Ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan pada tahap awal saat pengobatan paling efektif.

Kenapa Skrining Kesehatan Itu Penting?

Skrining kesehatan, terutama skrining kesehatan rutin, penting untuk disertakan ke dalam rutinitas perawatan kesehatan seseorang. Hal ini akan memberdayakan kita dengan pengetahuan tentang kesehatan dan memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang tepat. Mengetahui kondisi kesehatan yang mendasari juga akan membantu kita mengadopsi gaya hidup sehat dan terlibat dalam tindakan pencegahan sejak dini. Secara keseluruhan, skrining kesehatan berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik, mengurangi biaya perawatan kesehatan, dan mempromosikan kesejahteraan secara keseluruhan.

Penting juga untuk dicatat bahwa bahkan jika kita sering berkunjung ke dokter umum, kita tetap harus melakukan skrining kesehatan tahunan. Kunjungan ke dokter umum umumnya berfokus pada pengobatan kondisi kesehatan yang ada atau menangani kekhawatiran yang mungkin kita miliki. Di sisi lain, skrining kesehatan tahunan dirancang untuk mengidentifikasi masalah kesehatan potensial sebelum menjadi serius. Artinya, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengelola masalah ini sebelum berdampak kepada kesehatan kita.

Apa Saja Skrining Kesehatan yang Disarankan?

Menurut Pedoman Skrining Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan, berikut adalah skrining yang disarankan untuk pria dan wanita dengan risiko rata-rata untuk penyakit kronis tertentu. Perlu diperhatikan bahwa penyedia layanan kesehatan dapat mempersonalisasi waktu setiap tes untuk memenuhi kebutuhan individu.

Skrining Kesehatan yang Disarankan untuk Pria

Skrining Kesehatan yang Disarankan untuk Wanita

Pelajari Lebih Lanjut tentang Skrining Kesehatan

Skrining kanker adalah tes yang dilakukan secara mandiri atau kombinasi untuk mengidentifikasi keberadaan jenis kanker tertentu pada pasien tanpa gejala, atau untuk mengidentifikasi keberadaan kondisi kesehatan yang bisa meningkatkan risiko kanker tertentu. Ini adalah langkah yang penting karena pendeteksian dini kanker dapat meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan.

Ada berbagai metode yang digunakan untuk skrining kanker lambung dan kolorektal. Untuk skrining kanker lambung, gastroskopi adalah standar emas untuk upaya deteksi. Ada juga tumor marker seperti Antigen Carcinoembryonic (CEA) dan CA 19-9. GASTROClear™ oleh MiRXES adalah metode lain untuk menguji kanker lambung. Ini adalah tes darah biomarker yang praktis, minim invasif, dan memiliki akurasi tinggi.

Metode skrining kanker kolorektal meliputi Tes Imuno Kimia Feses atau Fecal Immunochemical Test (FIT), tumor marker (CEA) dan kolonoskopi sebagai standar emas dalam skrining kanker kolorektal.

  • Kanker Payudara

Mamografi saat ini adalah cara paling andal untuk skrining kanker payudara.

Ahli medis merekomendasikan skrining kanker paru-paru dengan tomografi terkomputasi dosis rendah atau Low-Dose Computed Tomography (LDCT).

Skrining mata dilakukan untuk menilai kesehatan mata seseorang secara keseluruhan dan untuk mendeteksi kondisi atau penyakit mata potensial, terutama pada tahap awal ketika mungkin belum menyebabkan gejala apa pun. Upaya ini dapat membantu mengidentifikasi suatu masalah yang mana jika tidak diobati dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau kebutaan.

Skrining jantung, dikenal sebagai skrining kardiovaskular atau skrining kardiak juga, bertujuan mendeteksi penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular pada tahap awalnya, bahkan sebelum gejala muncul. Deteksi dini dan intervensi dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan gangguan kardiovaskular lainnya

  • Elektrokardiogram (ECG atau EKG)
  • Treadmill Stress Test
  • Ekokardiogram
  • Calcium Scoring

Daftar Tes Skrining Kesehatan

Skrining Kesehatan dari Mitra Health365

Health365 bekerja sama dengan penyedia layanan medis terpercaya di Singapura, Malaysia, dan Thailand dalam menawarkan berbagai paket skrining kesehatan. Temukan opsi yang tepat untukmu sekarang.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelah Skrining Kesehatan?

Jika hasil skrining kesehatan menyatakan normal, umumnya berarti tidak ada masalah kesehatan yang signifikan atau kelainan yang terdeteksi pada saat skrining. Teruslah mengikuti jadwal yang disarankan untuk skrining kesehatan rutin berdasarkan usia, jenis kelamin, dan faktor risiko individu. Kamu juga harus menjaga gaya hidup sehat dan memantau gejala apa pun.

Jika hasil skrining kesehatanmu menyatakan abnormal, maka hal itu menunjukkan adanya masalah kesehatan potensial atau kelainan, penting untuk segera berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatanmu. Tindakan cepat dan pengelolaan kondisi kesehatan yang efektif dapat mendukung hasil perawatan atau pengobatan yang lebih baik serta membantu mencegah atau menunda timbulnya komplikasi yang lebih parah.

Artikel Terkait

Dr Chua Banner Ad 970x90