fbpx

GASTROClear™ oleh MiRXES: Tes Darah Praktis dan Akurat untuk Skrining Kanker Lambung

[Advertorial]

Kanker lambung (juga dikenal sebagai kanker perut) adalah penyebab kematian akibat kanker keenam tertinggi pada pria dan ketujuh pada wanita di Singapura, menurut data dari Laporan Tahunan Registrasi Kanker Singapura 2021

Sebagaimana ada kemungkinan bahwa kanker lambung pada tahap awal tidak menunjukkan gejala apa pun, deteksi dini dinilai sangat penting untuk mengupayakan pengobatan yang tepat waktu dan efektif. 

Dalam artikel ini kami memperkenalkan GASTROClear, sebuah tes darah minimal invasif untuk menilai profil risikomu terhadap kanker lambung.

Daftar Isi

Apa itu GASTROClear?

GASTROClear oleh MiRXES adalah tes darah untuk kanker lambung – pertama di dunia yang dirancang untuk mendeteksi kanker lambung pada individu yang mungkin belum mengalami gejala apa pun. 

GASTROClear merupakan hasil dari kolaborasi internasional yang dipimpin oleh Konsorsium Kanker Lambung Singapura (Singapore Gastric Cancer Consortium – SGCC) dan melibatkan peneliti serta ahli klinis dari Singapura dan Korea Selatan. 

Dengan menganalisis sedikit sampel darah, GASTROClear dapat memberikan informasi tentang risiko kamu mengembangkan kanker lambung dengan mengategorikannya sebagai risiko rendah, sedang, atau tinggi.

gastroclear-health365

Bagaimana cara kerja GASTROClear?

Kanker lambung biasanya didiagnosis melalui prosedur gastroskopi dengan biopsi. Namun, biaya gastroskopi cenderung lebih mahal dan bersifat invasif, disertai memerlukan puasa dan pemberian sedatif atau anestesi.

Sebaliknya, GASTROClear adalah metode skrining kanker lambung yang minim invasif dan sangat efisien waktu. 

Penyakit kanker umumnya menghasilkan tingkatan yang tidak normal terkait biomaterial tertentu yang disebut dengan mikroRNA dalam darah. 

GASTROClear akan mengukur tingkat 12 mikroRNA dalam serum yang diproduksi oleh sel-sel kanker lambung. Dengan menggunakan GASTROClear, dokter dapat menilai risiko pasien terhadap kanker lambung bahkan sebelum gejala menjadi nyata.

Jika hasilnya menunjukkan risiko yang lebih tinggi untuk kanker lambung dibandingkan dengan populasi umum, pasien mungkin disarankan untuk menjalani tes tambahan, seperti gastroskopi, untuk mengonfirmasi diagnosis.

Dokter akan menerima pedoman untuk rekomendasi tindak lanjut yang disesuaikan dengan setiap kelompok risiko untuk mengelola perawatan pasien secara efektif.

Seperti halnya tes deteksi dini lainnya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memahami hasilnya dengan benar dan untuk menyusun rencana tindak lanjut yang tepat. 

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa GASTROClear tidak dimaksudkan sebagai pengganti gastroskopi dalam proses diagnosis.

Dibandingkan dengan menunggu gejala nyata muncul, deteksi dini melalui GASTROClear akan memberdayakan pasien untuk mengambil pendekatan proaktif dalam mengelola risiko dan mencari perhatian medis tepat waktu, yang pada akhirnya mengarah pada hasil pengobatan yang lebih optimal.

Seberapa akurat GASTROClear dalam mendeteksi kanker lambung?

GASTROClear telah divalidasi menunjukkan sensitivitas sebesar 82 persen dan spesifisitas hingga 88 persen dalam mendeteksi kanker lambung di antara individu tanpa gejala dengan risiko rata-rata dalam populasi Tiongkok dan Korea Selatan.

Pada populasi berisiko tinggi dengan gejala di Singapura, GASTROClear menunjukkan sensitivitas sebesar 87,5 persen untuk kanker lambung tahap I dan 89,5 persen untuk tahap II, sambil mempertahankan spesifisitas hingga 68,4 persen.

Siapa yang disarankan menjalani tes GASTROClear?

GASTROClear cocok untuk individu dari kedua jenis kelamin yang berusia 40 tahun ke atas dan memiliki satu atau beberapa faktor risiko kanker lambung berikut ini.

Faktor risiko untuk kanker lambung

  • Pernah terinfeksi Helicobacter pylori.
  • Pernah mengalami gastritis kronis.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker lambung.
  • Sering mengonsumsi makanan gorengan, makanan asap, ikan asin, daging olahan, dan makanan acar.
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung nitrit dan nitrat, yang umumnya ditemukan pada daging yang telah diawetkan.
  • Jarang mengonsumsi buah dan sayur.

Tiga alasan kenapa kamu harus menjalani tes GASTROClear

#1 Mendeteksi kanker lambung lebih dini

GASTROClear sangat akurat dalam mengidentifikasi peningkatan risiko kanker lambung, sering kali sebelum gejala apa pun muncul. 

Kemampuan mendeteksi dini ini mengeliminasi kebutuhan untuk menunggu gejala muncul yang akan mendorong dilakukannya gastroskopi. Dengan begitu, kamu bisa mendiagnosis kanker lambung pada tahap yang lebih awal.

skrining-kanker-lambung
Source: Prime Magazine

#2 Memahami dan mengelola risiko kanker lambung pada dirimu

Meskipun gastroskopi lanjutan tidak mengonfirmasi adanya kanker lambung, hasil tes GASTROClear yang menunjukkan tingkat risiko yang meningkat dapat berfungsi sebagai sinyal untuk secara proaktif mengadopsi tindakan pencegahan terhadap kanker lambung. 

Tindakan tersebut dapat mencakup mengadopsi diet dan gaya hidup yang lebih sehat. Selain itu, pada proses gastroskopi lanjutan, polip pra-kanker dapat diidentifikasi dan diangkat jika ada.

#3 Praktis dan non-invasif

GASTROClear, sebagai metode skrining darah yang sangat akurat untuk menilai risiko kanker lambung, dapat dipertimbangkan sebagai opsi berharga bagi individu yang khawatir tentang potensi kanker lambung, tetapi berusaha meminimalkan paparan terhadap obat-obatan sedatif dan aspek invasif yang terkait dengan gastroskopi.

Di mana saya bisa mendapatkan tes GASTROClear?

Dapatkan Tes GASTROClear di AsiaMedic Wellness Assessment Centre

Kamu bisa menjalani skrining kanker GASTROClear sendiri atau sebagai bagian dari skrining kesehatan komprehensif.

AsiaMedic, penyedia layanan kesehatan terkemuka di Singapura dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam menyediakan layanan medis primer dalam pencitraan diagnostik lanjutan, layanan klinis dan perawatan preventif, menawarkan berbagai pilihan bagi individu yang tertarik menjalani skrining kanker lambung menggunakan GASTROClear.

AsiaMedic Wellness Assessment Centre terletak di Shaw House, sepanjang Orchard Road, Singapura. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Stasiun MRT Orchard.

Lebih jauh tentang GASTROClear dan kanker lambung

Waspadai Nyeri pada Perut, Ini Gejala Kanker Lambung yang Wajib Diketahui

Jangan abaikan nyeri pada perut, terutama jika berulang sejak lama, ada risiko kanker lambung. Ini gejala kanker lambung pada tiap.

Apa Saja Penyebab Kanker Lambung? Cegah dari Sekarang!

Penasaran faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab kanker lambung? Cari tahu informasi selengkapnya di sini!

Kanker Lambung – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Ketahui apa itu kanker lambung, termasuk faktor penyebab dan gejala, serta pahami langkah-langkah pengobatannya juga.

Memahami Skrining, Gejala, Dan Diagnosis Kanker Lambung – Wawancara Dengan Dr. Benjamin Yip, Konsultan Ahli

Kami mewawancarai Dr. Benjamin Yip (Alpha Digestive & Liver Centre) mengenai skrining, gejala, dan diagnosis kanker lambung.

Penafian

1. MiRXES GASTROClear adalah tes diagnostik invitro yang ditujukan sebagai tes tambahan dalam mendeteksi biomarker miRNA yang terkait dengan neoplasia gastrik dalam serum manusia. 

GASTROClear TIDAK dimaksudkan sebagai pengganti gastroskopi, melainkan harus digunakan bersamaan dengan gastroskopi dan metode tes lainnya. Oleh karena itu, ini adalah alat tambahan untuk membantu dalam mendeteksi kanker lambung. 

Sebagai hasilnya, hanya pasien yang memenuhi kriteria tertentu yang layak diuji menggunakan GASTROClear berdasarkan rekomendasi dokter. Hasil yang diperoleh dari tes mungkin menunjukkan adanya kanker lambung dan pasien kemudian harus menjalani gastroskopi sesuai kebutuhan. 

Output dari GASTROClear adalah skor risiko, di mana skor tinggi mungkin menunjukkan adanya kanker lambung dan harus diikuti dengan gastroskopi. 

Tes ini dimaksudkan untuk orang dewasa dari kedua jenis kelamin, berusia 40 tahun ke atas, dengan risiko rata-rata memiliki kanker lambung dengan salah satu atau beberapa faktor risiko berikut.

  • Riwayat keluarga dengan kanker lambung
  • Sejarah infeksi Helicobacter Pylori (H. Pylori)
  • Riwayat sebelumnya dari limfoma lambung dan polip lambung
  • Peradangan lambung jangka panjang (gastritis kronis)
  • Diet mengandung jumlah besar makanan goreng, makanan asap, ikan asin, daging olahan, dan makanan acar.
  • Diet mengandung nitrit dan nitrat, zat yang biasanya ditemukan dalam daging yang diawetkan.
  • Diet rendah buah dan sayuran
  • Merokok

2. MiRXES GASTROClear disetujui dan terdaftar di Health Sciences Authority (HSA) di Singapura dan CE Mark di bawah EU IVD Directive 98/79/EC.

3. Untuk pernyataan penafian spesifik atas produk yang terbaru, lihat petunjuk penggunaan MiRXES GASTROClear terkait. Petunjuk penggunaan MiRXES GASTROClear dapat diminta dari Layanan Teknis MiRXES atau distributor lokal Anda.

4. Merek Dagang: MiRXES GASTROClear™ adalah merek dagang terdaftar untuk MiRXES, Inc. Semua nama-nama produk lain, merek dagang, dan merek dagang terdaftar yang mungkin muncul dalam dokumen ini adalah milik dari pemiliknya masing-masing.

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.