fbpx
Bedah Kosmetik Estetika Rhinoplasty Wajah

Apa Itu Rhinoplasty dan Bagaimana Prosedurnya?

apa itu rhinoplasty

Apa Itu Rhinoplasty? Juga dikenal sebagai operasi hidung, rhinoplasty adalah sebuah prosedur bedah untuk mengubah atau menyesuaikan bentuk hidung Anda dengan memodifikasi tulang atau kartilago.

Baik dilakukan untuk alasan estetika maupun kesehatan, rhinoplasty adalah salah satu jenis operasi kosmetik yang populer. Anda bisa mengubah ukuran hidung, bentuk lubang hidung, atau membuat hidung lebih simetris.

Prosedur: Rhinoplasty terbuka vs tertutup

Rhinoplasty dapat dilakukan dalam dua cara. Pertama, ada prosedur yang dinamakan rhinoplasty terbuka, di mana ahli bedah akan membuat sayatan di antara lubang hidung untuk memperbaiki bentuknya.

Sementara itu, jenis yang kedua adalah rhinoplasty tertutup. Prosedur ini melibatkan proses untuk membuat sayatan kecil di dalam lubang hidung. Dari kedua pilihan tersebut, rhinoplasty terbuka lebih umum, dan ada beberapa hasil yang tidak dapat dicapai dengan rhinoplasty tertutup.

Apa alasan rhinoplasty dilakukan?

Rhinoplasty dapat dilakukan karena dua alasan yang berbeda, yaitu alasan estetika dan alasan prosedural medis. Simak penjelasan lengkap dari kedua alasan tersebut.

1. Alasan estetika

Rhinoplasty karena alasan estetika dilakukan ketika pertimbangan utama untuk operasi adalah perubahan estetika, yaitu saat pasien ingin memiliki hidung dengan penampilan yang berbeda. Misalnya, untuk mengubah penampilan hidung yang dianggap terlalu kecil, terlalu besar, atau bengkok.

Operasi hidung untuk alasan estetika dapat melibatkan operasi pada tulang hidung, kartilago di dasar hidung, atau keduanya.

2. Alasan Fungsional Medis

Ketika tujuan utama dari operasi adalah memperbaiki masalah pernapasan dan memungkinkan pasien bernapas dengan baik, maka operasi tersebut dianggap sebagai rhinoplasty fungsional. Operasi ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah fungsional lainnya pada hidung pasien.

Bagaimana prosedur rhinoplasty berlangsung?

Operasi hidung memiliki masa pra-posedur, prosedur, dan pasca-prosedur yang perlu diperhatikan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Konsultasi pra-prosedur

Sebelum menjalani operasi, Anda akan berkonsultasi dengan ahli bedah. Dalam konsultasi ini, mereka akan memeriksa riwayat medis untuk melihat apakah Anda bisa untuk menjalani rhinoplasty atau tidak. Dalam beberapa kasus, jika pasien menderita hemofilia (suatu kondisi yang menyebabkan perdarahan berlebihan), ahli bedah mungkin tidak menyarankan pilihan operasi sebagai opsi.

Dalam konsultasi ini, dokter bedah juga akan membahas batasan dalam rekonstruksi bentuk hidung Anda. Hal ini karena dokter bedah hanya dapat memperbaiki hidung dengan struktur tulang dan kartilago hidung asli Anda.

Hal yang terjadi selama prosedur

Prosedur ini akan melibatkan anestesi lokal ataupun umum sebelum dilakukan. Lalu, dokter bedah akan membuat sayatan kecil di dalam atau di antara lubang hidung Anda, dan mereka akan memisahkan kulit dari kartilago atau tulang sebelum membentuknya kembali.

Dalam situasi ketika hidung baru Anda memerlukan kartilago tambahan, dokter bedah biasanya akan mengambilnya dari area telinga atau dari bagian dalam hidung Anda. Namun, jika prosedur tersebut ingin menonjolkan tampilan yang lebih tajam, dokter akan memotong kartilago yang ada. Terakhir, dokter akan menyelesaikan prosedur dengan menutup sayatan dan menjahitnya. Prosedur operasi ini biasanya berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Pemulihan pasca prosedur rhinoplasty

Rhinoplasty merupakan jenis operasi yang dapat dilakukan dengan prosedur rawat jalan. Artinya, Anda dapat melakukan operasi hidung dan langsung pulang pada hari yang sama jika tidak ditemukan masalah.

Selama beberapa hari pertama setelah operasi, Anda sebaiknya menjaga kepala tetap dalam posisi tinggi. Kompres es dapat diterapkan untuk mengurangi pembengkakan. Sebagian besar pembengkakan atau memar seharusnya menghilang dalam waktu seminggu setelah operasi.

Selama periode ini, Anda sebaiknya mengurangi aktivitas fisik untuk memberi waktu hidung Anda sembuh. Perban dan penyangga pasca operasi akan dilepas seminggu setelah operasi.

Lakukan rhinoplasty hanya di RS dan klinik terbaik

Meskipun rhinoplasty merupakan salah satu prosedur kosmetik yang paling umum, ini tetap merupakan operasi serius yang memerlukan banyak pertimbangan dari pihak pasien. Itulah mengapa Anda perlu pergi ke rumah sakit atau klinik yang tepat dan menyediakan informasi yang akurat, juga memiliki kualifikasi dan sertifikasi yang diperlukan.

Layanan medis seperti RS dan klinik di Thailand dapat menjadi pertimbangan Anda jika ingin melakukan operasi hidung di tempat berkualifikasi terbaik.

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.