fbpx
Bedah Kosmetik Estetika Tubuh

Berapa Biaya Sedot Lemak? Cek Ulasan Selengkapnya di Sini

biaya sedot lemak

Biaya sedot lemak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti biaya bedah dan biaya nonbedah, dokter bedah yang melakukan operasi, serta fasilitas kesehatan lokasi pembedahan dilakukan. Selain itu, keseluruhan biaya bisa sangat bervariasi dari satu pasien ke pasien lainnya, tergantung pada kondisi spesifik dan kebutuhan masing-masing.

Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi biaya sedot lemak atau liposuction secara keseluruhan.

  • Teknologi dan peralatan yang mahal. Prosedur sedot lemak saat ini menggunakan instrumen dan mesin yang lebih maju untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih aman. Sebagian ada yang menggunakan gelombang ultrasonik, energi laser, frekuensi radio, dan lain-lain.
  • Variasi kesulitan tiap pasien. Kasus yang lebih kompleks, misalnya melakukan liposuction ulang pada area yang sama, biasanya lebih menantang karena adanya risiko jaringan parut. Oleh karena itu, biasanya kasus semacam itu akan dikenai harga yang lebih tinggi daripada kasus yang lebih sederhana.
  • Ukuran tubuh pasien. Bagian tubuh yang lebih besar atau volume lemak yang lebih banyak akan membutuhkan proses penanganan yang lebih memakan tenaga dan waktu. Di samping itu, ukuran tubuh pasien dan jumlah lemak yang harus disedot menjadi penentu biaya juga.
  • Biaya pre dan pascaoperatif. Seperti biaya pemeriksaan kesehatan dan biaya pakaian kompresi serta pembelian obat pereda nyeri, antibiotik, dan anestesi jika pasien harus diberikan bius umum.
  • Tingkat keahlian dan reputasi dokter bedah. Umumnya, terdapat perbedaan tarif di antara para dokter bedah yang mencerminkan keahlian dan kualitas hasil yang bisa diberikan. Dokter bedah dengan tingkat keahlian tinggi dan rekam jejak sedot lemak yang sukses biasanya mematok tarif lebih tinggi, termasuk biaya konsultasi yang berbeda juga.
  • Biaya mendasar dari manajemen rumah sakit/klinik. Poin ini bisa mencakup biaya ruang operasi, biaya menginap, serta biaya ahli anestesi jika pasien harus diberikan bius umum.

Umumnya biaya sedot lemak di rumah sakit atau klinik estetika terbilang mahal dan tidak ditanggung oleh asuransi. Maka dari itu, tanyakan mengenai poin-poin di atas kepada doktermu untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik serta perkiraan biaya yang lebih akurat.

Berapa biaya sedot lemak di kota-kota besar Indonesia?

Sebagai referensi, berikut ini beberapa rumah sakit yang menawarkan layanan sedot lemak atau liposuction di beberapa kota besar Indonesia beserta kisaran biaya yang dikenakan.

Biaya sedot lemak di Jakarta

Biaya sedot lemak atau liposuction di rumah sakit Jakarta berkisar antara Rp15 jutaan hingga Rp20 jutaan. Berikut ini beberapa rumah sakit sebagai referensi.

Rumah SakitBiaya Sedot Lemak Jakarta
Rumah Sakit Khusus Bedah Bina EstetikaRp20.000.000
Rumah Sakit Premier JatinegaraRp18.000.000
Mayapada Hospital Jakarta SelatanRp16.800.000
MRCCC Siloam Hospitals SemanggiRp15.000.000

Selain itu, masih ada beberapa rumah sakit di Jakarta lainnya yang menawarkan layanan sedot lemak, antara lain:

  • Mayapada Hospital Kuningan
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk
  • Rumah Sakit Umum YARSI
  • Columbia Asia Hospital Pulomas

Biaya sedot lemak di Surabaya

Terdapat dua rumah sakit di Surabaya yang menawarkan layanan sedot lemak atau liposuction. Berikut ini referensi dan kisaran biaya yang dikenakan.

Rumah SakitBiaya Sedot Lemak Surabaya
Siloam Hospitals SurabayaRp27.500.000
Mitra Keluarga KenjeranRp17.000.000

Biaya sedot lemak di kota lainnya

Masih ada beberapa rumah sakit di kota-kota besar lainnya yang menawarkan layanan sedot lemak. Berikut ini kisaran biayanya.

Rumah SakitKotaBiaya Sedot Lemak Surabaya
Rumah Sakit Premier BintaroTangerang SelatanRp30.000.000
Mitra Keluarga DepokDepokRp16.000.000

Perlu diketahui bahwa biaya di atas hanya kisaran dan bisa saja belum termasuk dengan biaya tambahan lainnya, misalnya biaya dokter spesialis, biaya obat-obatan, biaya menginap, dan lain-lain.

Biaya sedot lemak di negara lain

Sebagai informasi, berdasarkan data dari American Society of Plastic Surgeons tahun 2020, rata-rata biaya sedot lemak per anggota tubuh berkisar pada US$3.637 atau sekitar Rp54.555.000. Kisaran ini diambil pada periode tahun 2020 dan belum termasuk biaya lain-lain.

Sedangkan kisaran biaya liposuction di beberapa negara lain berbeda-beda seperti berikut ini.

NegaraKisaran Biaya Sedot Lemak
SingaporeUS$2.150 / Rp32.250.000
ThailandUS$2.200 / Rp33.000.000
ChinaUS$2.280 / Rp34.200.000
Inggris (London)US$5.875 / Rp88.125.000
Kanada (Toronto)US$7.300 / Rp109.500.000
MesirUS$4.775 / Rp71.625.000
Afrika SelatanUS$3.285 / Rp49.275.000
Korea SelatanUS$5.500 / Rp82.500.000
MeksikoUS$2.100 / Rp31.500.000
IndiaUS$1.500 / Rp22.500.000

Hal ini membuktikan bahwa biaya sedot lemak di lokasi yang lain bisa berbeda secara signifikan dikarenakan banyak faktor. Pastinya setiap lokasi memiliki keunggulan jenis layanan, peralatan, dan tenaga medis tersendiri.

Meski begitu, prosedur liposuction atau sedot lemak memang terbilang lebih mahal secara umum. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan referensi harga dengan kualitas yang terbaik.

Selalu jadikan kesehatan sebagai pertimbangan utama. Bekali dirimu dengan informasi tentang manfaat dan keamanan prosedur sedot lemak atau liposuction sebaik mungkin dari sumber yang terpercaya. 

Memilih rumah sakit atau klinik estetika terbaik dengan harga yang paling masuk akal memang prioritas utama, namun utamakan pilihanmu kepada instansi medis yang resmi dengan dukungan dokter spesialis dan tenaga perawat yang berlisensi.

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.