fbpx
Biaya Medis Kanker Kolorektal Kanker Lambung & Usus Kanker Secara Umum Kondisi Medis Skrining

Biaya Kolonoskopi di Malaysia Mungkin Mengejutkan Kamu

Kolonoskopi adalah prosedur skrining dan diagnostik yang membantu mendeteksi kanker usus besar dan penyakit usus lainnya. Pemeriksaan bagian dalam usus besar atau usus besar dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut kolonoskop, yaitu tabung fleksibel. Orang yang berusia 50 tahun ke atas disarankan untuk melakukan kolonoskopi setiap 10 tahun sekali, atau lebih sering jika memiliki faktor risiko kanker usus besar. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan informasi seputar biaya kolonoskopi di Malaysia dan perbandingannya dengan negara lain yang mungkin bermanfaat bagi kamu yang berencana menjalani prosedur tersebut.

Biaya Kolonoskopi di Malaysia

Rata-rata biaya kolonoskopi di Malaysia berkisar antara RM1,.00 hingga RM3.000, tetapi bisa saja naik apabila diperlukan prosedur tambahan, seperti biopsi atau pengangkatan polip. Faktor-faktor seperti lokasi, rumah sakit atau klinik, dan biaya dokter juga dapat mempengaruhi biaya tersebut.

Biaya Kolonoskopi Dibandingkan Dengan Negara Lain

Dibandingkan dengan banyak negara lain, biaya kolonoskopi di Malaysia relatif terjangkau.

Jauh lebih tinggi daripada biaya kolonoskopi di Malaysia, di Amerika Serikat biaya rata-rata berkisar dari USD1.000 hingga USD5.000. Sementara itu, di Inggris Raya, biaya kolonoskopi di rumah sakit swasta berkisar antara £800 hingga £3.000.

Di kawasan Asia Tenggara, Singapura terkenal sebagai pusat layanan medis utama. Biaya kolonoskopi yang dilakukan di klinik atau rumah sakit swasta di Singapura berkisar antara S$2.000 hingga S$3.000.

Melakukan Kolonoskopi di Malaysia

Perlu dicatat bahwa biaya kolonoskopi yang terjangkau di Malaysia bukanlah indikasi kualitas layanan kesehatan. Malaysia memiliki sistem perawatan kesehatan yang kuat dengan fasilitas medis yang canggih. Para dokter juga sangat berkualitas. Bahkan, banyak orang dari negara tetangga seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina memilih untuk mengunjungi Malaysia untuk berobat, termasuk kolonoskopi, karena biayanya yang terjangkau dan perawatan kesehatan yang berkualitas.

Pilihlah rumah sakit atau klinik yang terkemuka dengan dokter berpengalaman dan peralatan canggih jika kamu berencana melakukan kolonoskopi di Malaysia. Beberapa rumah sakit terbaik untuk kolonoskopi di Malaysia termasuk Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, Pantai Hospital Kuala Lumpur, and Prince Court Medical Centre. Ada juga banyak rumah sakit dan klinik lain di mana prosedur ini tersedia.

Sebagai persiapan untuk kolonoskopi, penting untuk memahami instruksi yang diperlukan untuk memastikan keberhasilan dan akurasi prosedur. Instruksi persiapan akan diberikan oleh dokter yang akan melakukan kolonoskopi dengan rinci. Biasanya, ini akan melibatkan diet cairan bening dan penggunaan obat pencahar untuk membersihkan kolon. Mengikuti instruksi ini dengan cermat sangat penting untuk memastikan keefektifan dan akurasi kolonoskopi.

Bacaan Lebih Lanjut Tentang Kolonoskopi Dan Kanker Usus Besar

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.