fbpx
Jantung & Vaskular Kondisi Medis Makanan & Nutrisi Penyakit Kardiovaskular

Waspadai Makanan Kolesterol Tinggi, Bisa Jadi Kesukaanmu?

makanan kolesterol tinggi
Dr Chua Ad banner 970x250

Kolesterol adalah zat lilin atau lemak yang ditemukan dalam sel-sel darahmu dan sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat. 

Nutrisi ini digunakan oleh tubuh untuk membangun sel-sel sehat, membantu dalam produksi hormon tertentu, membentuk asam empedu yang membantu pencernaan, dan memproduksi vitamin D. 

Tubuh manusia dapat membuat kolesterol yang dibutuhkannya dan kolesterol tambahan biasanya berasal dari makanan hewani, seperti daging, susu, dan telur. Namun, kolesterol tinggi atau kondisi hiperkolesterolemia bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Ada dua jenis kolesterol yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • LDL (Low-Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat.
  • HDL (High-Density Lipoprotein) atau kolesterol baik.

Yang perlu kita hindari adalah kolesterol LDL karena efeknya yang tidak menyehatkan. Gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kolesterol LDL berlebihan disebut kolesterol tinggi.

Untuk itu, kita pun perlu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung LDL tinggi sebisa mungkin dari sekarang.

Daftar jenis makanan dengan kolesterol LDL tinggi 

Berikut adalah daftar makanan yang mengandung kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi, beserta penjelasan dan elaborasi tentang setiap jenis makanan tersebut.

1. Daging merah

Termasuk daging sapi, daging kambing, dan daging domba. Daging merah sering kaya akan lemak jenuh dan kolesterol. Misalnya, daging sapi mengandung lemak jenuh yang, ketika dikonsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah​​.

2. Produk susu berlemak

Ini termasuk susu, keju, mentega, dan krim yang berasal dari susu full-fat. Produk-produk ini sering tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Misalnya, mentega dan keju cheddar adalah sumber lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol LDL​​.

3. Kuning telur

Kuning telur cocok dijadikan sumber kolesterol untuk diet. Meski telur merupakan makanan bergizi, konsumsi kuning telur berlebihan harus dihindari oleh seseorang dengan kadar kolesterol tinggi atau risiko penyakit jantung​​.

4. Boga bahari

Beberapa jenis makanan boga bahari atau makanan laut memiliki banyak manfaat kesehatan dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Namun udang dan lobster ternyata mengandung kolesterol tinggi juga. Jadi, konsumsi makanan laut harus seimbang​​.

5. Daging olahan

Termasuk sosis, bacon, dan daging asap. Makanan ini tidak hanya tinggi kolesterol tetapi juga tinggi lemak jenuh dan garam, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kolesterol LDL dan masalah kesehatan lainnya​​.

6. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng atau umumnya disebut gorengan, terutama yang digoreng dengan minyak yang mengandung lemak jenuh atau trans, bisa mengandung tinggi kolesterol. Makanan seperti kentang goreng dan ayam goreng masuk dalam kategori ini​​.

7. Kue dan roti manis

Banyak produk roti manis mengandung lemak jenuh dan trans, yang dapat meningkatkan kolesterol LDL. Ini termasuk kue, biskuit, dan pastri yang sering dibuat dengan mentega atau minyak yang mengandung lemak jenuh​​.

8. Produk berbahan dasar santan

Meskipun bukan sumber kolesterol, santan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Ini termasuk makanan dan minuman yang dibuat dengan santan atau minyak kelapa​​.

9. Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans ditemukan dalam beberapa makanan olahan dan mengandung hidrogenasi parsial, yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL. Ini termasuk beberapa jenis margarin, makanan cepat saji, dan makanan olahan​​.

Kenapa makanan kolesterol tinggi harus dihindari?

Makanan dengan kolesterol tinggi harus dihindari, terutama bagi mereka yang memiliki atau berisiko tinggi mengalami hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi dalam darah), karena beberapa alasan utama berikut.

1. Peningkatan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein)

Makanan tinggi kolesterol umumnya tinggi dalam lemak jenuh dan lemak trans juga. Lemak ini, ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat

Kolesterol LDL berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri, menyempitkan atau memblokir aliran darah, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke​​.

2. Risiko aterosklerosis

Akumulasi plak yang disebabkan oleh kolesterol LDL dapat menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis adalah pengerasan dan penyempitan arteri yang dapat membatasi aliran darah ke organ vital dan jaringan, meningkatkan risiko kondisi kardiovaskular yang serius.

3. Sebagian orang lebih rentan

Sementara beberapa orang mungkin tidak terpengaruh secara signifikan oleh konsumsi makanan tinggi kolesterol, individu dengan kondisi genetik tertentu atau yang memiliki gaya hidup yang kurang sehat mungkin lebih rentan terhadap efek negatif dari makanan ini. 

Mereka mungkin mengalami peningkatan yang lebih besar dalam kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.

4. Keseimbangan diet yang buruk

Makanan tinggi kolesterol umumnya tidak banyak mengandung nutrisi penting lainnya. Karakteristik makanan tinggi kolesterol umumnya rendah serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan keseluruhan.

Sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh sebagai bagian dari pendekatan diet seimbang untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Langkah ini termasuk memilih makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan sumber protein rendah lemak.

Periksakan kesehatanmu dengan paket skrining dari Health365

Health365 merekomendasikanmu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih dini dan secara rutin demi mengantisipasi serangan penyakit di masa depan.

Kolesterol tinggi bisa menjadi bahaya laten sebagaimana gejala-gejalanya belum tentu bisa terdeteksi. Jadi, kamu pun disarankan untuk bersikap proaktif dengan kesehatan sendiri.

Cari tahu selengkapnya tentang produk skrining kesehatan umum terlengkap dan dapatkan tambahan skrining kanker lambung dengan GASTROClear™ juga.

Dr Chua Banner Ad 970x90

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran, diagnosis, atau perawatan medis profesional, dan tidak boleh diandalkan untuk saran medis tertentu.